Gua Ngringrong Gunungkidul, Cocok Untuk Pecinta Wisata Ekstrim

R Inspirasi

Sorot Gunungkidul - Gunungkidul adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi DIY dan memiliki keindahan alam yang sangat unik.

Kabupaten ini terkenal dengan topografinya yang terbentuk dari proses pelarutan batu kapur, yang membentang dari Gunungkidul hingga Pacitan dan dikenal sebagai Karst Gunung Sewu.

Keunikan alam ini tentunya berpengaruh pada daya tarik wisata Gunungkidul.

Tidak seperti wisata alam di kabupaten Sleman, Kulon Progo, atau Bantul yang lebih santai, wisata alam di Gunungkidul bisa dibilang sedikit lebih ekstrim.

Salah satu contohnya adalah wisata susur gua di Kalisuci, Pindul, dan yang terbaru adalah Gua Ngingrong.

Gua Ngingrong terletak di Lembah Karst Mulo, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Gua ini merupakan gua dengan bentuk luweng/collapse dollin atau yang lebih dikenal dengan sebutan sinkhole dan memiliki bentuk yang horizontal.

Tidak heran jika Gua Ngingrong menjadi favorit para pecinta wisata ekstrim.

Di gua ini, kita bisa menemukan fenomena alam unik seperti tulisan "lafadz Allah" yang terukir di bagian tebing dan batu-batu yang menyerupai orang yang sedang sholat.

Selain itu, terdapat juga bebatuan besar berwarna putih dan tetesan air dari stalaktit di dinding gua yang menghiasi tempat ini.

Selain turun langsung ke dalam gua, para wisatawan juga bisa mencoba aktivitas lain seperti rappelling tebing tinggi 80 meter atau susur gua menuju telaga bawah tanah dengan tiga tingkatan telaga.

Dan jangan lupa untuk mencoba flying fox yang membelah lembah dengan ketinggian mencapai 90 meter. Tersedia banyak pilihan wisata ekstrim yang menarik di sini.

Untuk menuju Gua Ngingrong, dari Kota Yogyakarta, kita cukup mengikuti jalan jogja-wonosari.

Setelah sampai di pertigaan GOR wonosari, kita belok kanan, lalu di perempatan berikutnya belok kanan lagi.

Selanjutnya, kita akan sampai di pertigaan dan belok kiri. Ambillah arah jalan raya tepus dan kurang lebih setelah 500 meter perjalanan, kita akan melihat papan tulisan obyek wisata gua ngingrong dan geopark gunung sewu.

Dengan segala keindahan dan keunikan yang dimiliki, Gua Ngingrong adalah destinasi wisata yang patut dikunjungi bagi para pencinta petualangan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan sensasi wisata ekstrim di Gunungkidul ini!***