Kebakaran di Gunungkidul, Sembilan Motor dan Dua Jenset Ikut Terbakar Kerugian Mencapai Puluhan Juta

R Inspirasi
0


SorotGunungkidul.com - Pada Senin (7/8/2023), sebuah bengkel di Kalurahan Mulo, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta mengalami kebakaran yang menghanguskan seluruh bangunan.


Tidak hanya itu, sembilan sepeda motor juga ikut terbakar, menyebabkan kerugian mencapai puluhan juta rupiah.


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Sumadi, saat dihubungi oleh wartawan pada hari Senin mengatakan, "Kebakaran terjadi di gudang bengkel milik Wasgino (43) sekitar pukul 15.00 WIB."


Peristiwa ini terjadi ketika salah seorang pegawai bengkel membakar sampah di bagian belakang bangunan.


Sayangnya, pegawai tersebut lupa mematikan api sebelum pergi.


Diduga, angin api bertiup dan merembet ke bagian dalam gudang, menyebabkan bangunan terbakar.


Di dalam gudang tersebut terdapat sekitar 20 sepeda motor dan 2 mesin genset.


Meskipun sebagian besar sepeda motor berhasil diselamatkan, sembilan motor dan dua mesin genset tidak bisa diselamatkan dan ikut terbakar bersamaan dengan bangunan gudang.


Pegawai bengkel bernama Aris Budianto mengungkapkan, saat kebakaran terjadi dia berusaha memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan yang ada.


Sayangnya, upayanya belumlah berhasil. Dikutip Sorot Gunungkidul dari kompas, sepeda motor yang terbakar sebagian besar milik sendiri (pemilik bengkel). Hanya satu punya konsumen yang sudah lama di sini selama kurang lebih dua tahun," ujarnya.


Kepala Unit Pelaksana Teknis Damkarmat Gunungkidul, Handoko, mengakui bahwa proses pemadaman cukup sulit karena adanya angin kencang.


Oleh karena itu, beberapa unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk membantu dalam pemadaman.


Baru setelah 1,5 jam kejadian, api berhasil benar-benar dipadamkan. Namun, kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 50 juta, menurut pernyataan Handoko.


Melalui peristiwa ini, pihak berwenang mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati saat membakar sampah, terutama selama musim kemarau.


Kebakaran dapat terjadi karena kelalaian yang kecil, dan dapat menyebabkan kerugian yang besar.


Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk menjaga keselamatan dan memperhatikan tindakan mereka agar tidak menimbulkan bencana serupa.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)