Alun-alun Sleman Tutup Saat Malam Nataru, Pedagang Tetap Boleh Jualan

OkeBerita
0



Pemerintah resmi menerbitkan aturan terbaru terkait pengetatan libur Natal dan Tahun Baru 2022. Aturan tersebut dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021.


Salah satu poin yang tertera dalam Inmendagri tersebut adalah menutup semua alun-alun pada 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. "Alun-alun Sleman di Denggung, lapangan Pemda termasuk beberapa tempat yang berpotensi keramaian lainnya akan ditutup," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Sabtu, 11 Desember 2021.


Dia mengatakan, pada prinsipnya, Pemkab Sleman akan mengikuti arahan dalam Inmendagri. Menurutnya, dalam menghadapi momentum yang berpotensi menimbulkan kerumunan, harus mengedepankan prinsip kehati-hatian.


Kustini mengungkapkan, saat ini sedang diupayakan kerangka besar dan jelas dalam upaya meniadakan kerumunan. Selain dengan pembatasan orang di suatu tempat, tentu keberadaan tempat umum yang berpotensi keramaian juga harus diatur, seperti alun-alun. "Dan setiap tahun baru, alun-alun selalu jadi magnet untuk masyarakat berkumpul," ucapnya.


Menurut dia, menutup alun-alun sesuai dengan aturan yang ada. Langkah itu diambil agar tidak menjadi tempat berkumpulnya orang saat perayaan Tahun Baru. "Nanti akan diatur dalam Inbup dan akan ada pantauan petugas gabungan untuk memastikan tidak ada kerumunan," kata Kustini.


Penutupan tersebut nantinya hanya dilakukan satu malam saja yakni pada saat pergantian tahun. Meski begitu, tidak ada larangan bagi pedagang kaki lima di kawasan Alun-alun Sleman untuk berjualan di lokasi tersebut.


"Ditutup hanya satu malam saja. Karena hari-hari biasa tidak akan begitu ramai, kecuali saat malam tahun baru. Pedagang yang biasana berjualan di shelter tetap boleh buka," terang Kustini.


Lebih lanjut Kustini menghimbau warga menahan diri untuk tidak keluar rumah pada saat perayaan tahun baru. "Kami imbau agar masyarakat tidak kemana-mana saat malam tahun baru. Rayakan malam pergantian tahun baru bersama keluarga saja," ungkapnya. (limapagi)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)