Ekonomi
Selasa, 13 Agustus 2013 - 10:21:05 | wahyu-wibowo / Sorot Gunungkidul

Krecek Singkong Jadi Primadona Perantau
Krecek Singkong Jadi Primadona PerantauKrecek Singkong Jadi Primadona PerantauKrecek ketela siap dipasarkan

Tanjungsari,(sorotgunungkidul.com)--Sejumlah produsen makanan olahan ketela atau singkong jenis krecek yang berada di Padukuhan Pakel, Desa Hargosari, Tepus, Gunungkidul, mengalami kenaikan permintaan saat libur hari raya lebaran. Seorang produsen krecek, Slamet Mamik (45) warga Pakel, Hargosari, Tepus, Gunungkidul, Selasa (13/08/2013) mengaku mengalami kenaikan omzet 50 persen sejak sepekan mejelang lebaran hingga pasca Lebaran.

"Kalau biasanya saya menyetor 500 bungkus setiap 2 minggu sekali. Saat ini permintaan semakin banyak hingga 2 kali lipat," kata Slamet saat ditemui di depan rumahnya ketika hendak menyetorkan krecek ke beberapa pedagang.

Menurut dia, peningkatan permintaan tersebut memang selalu terjadi setiap tahunnya saat masa mudik perantau. Hal itu disebabkan, katanya krecek memang menjadi salah satu makanan yang di minati para pemudik untuk dijadikan buah tangan ketika kembali ke perantauan.

Dengan peningkatan itu, Slamet mengaku harus menambah jumlah produksinya dan jam kerjanya hingga dua kali lipat dari hari-hari biasanya.

"Kita merasa kewalahan dengan permintaan pedagang. Sekitar 1000 bungkus krecek yang kita setor ke berbagai pedagang di pasar buah Patuk, Pasar Wonosari, Karangmojo dan Playen, akan habis dijual dalam waktu 7 hari. Padahal ini belum pesanan yang dari Jogjakarta," kata Slamet.

Slamet juga menjelaskan, saat ini belum ada kenaikan masalah bahan baku. Ketela jenis Gatot Kaca yang biasa ia jadikan bahan pokok, masih dapat ia beli dengan harga Rp 1000/ kg. Bahan baku juga masih mudah di dapat jadi tidak perlu mendatangkan dari luar kota.

"Belum ada kenaikan bahan baku, tetapi karena lebaran 1 bungkus krecek dengan berat 2 kg  setiap plastiknya kita naikkan Rp.2000, jadi kita jual ke pedagang dengan harga Rp 18.000 per bungkus," jelasnya.

Berita Terkait :


smkkeperawatan.gif
HOT NEWS
dava3.jpgwirawisata.gif